UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN MEDIA AUDIO VISUAL

Daud Yusuf

Abstract


Penelitian ini dilatar belakang masalah berdasarkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan BP, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka penulis dalam penelitian ini mencoba menerapakan strategi active knowledge sharing dan Media Audio Visual dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

Tujuan didalam penelitian ini penulis berupaya memaksimalkan strategi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik agar mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Didalam penelitian ini penulis memakai dua siklus dan agar mencapai KKM yaitu persentase kelulusan adalah 83.8%. maka penulis memutuskan tidak untuk melakukan siklus selanjutnya.

Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP kelas XII IPA 1 di SMAN 3 Murung, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra yaitu dengan ketuntasan belajar 71,4%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu dengan ketuntasan belajar 74,4%. Pada siklus II diperoleh nilai rata rata 83,9% dengan kenaikan hasil belajar sebanyak 12,5%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari hasil belajar PAI dan BP pesertra didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.