IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN JUZ AMMA PADA PESERTA DIIDK KELAS IV UPT SD NEGERI 09 BUAY PEMACA

Isnani Kholishoh

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi metode pembiasaan dalam meningkatkan kemampuan hafalan Juz Amma pada peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 09 BuayPemaca. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 20 peserta didik sebagai subjek penelitian dan dilakukan dalam dua siklus. Pendekatan statistik deskriptif digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan memiliki dampak positif terhadap kemampuan hafalan peserta didik. Terjadi peningkatan hasil tes belajar dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 63,85% menjadi 78,20%. Penelitian ini mengindikasikan bahwa metode pembiasaan efektif dalam meningkatkan hasil belajar hafalan Juz Amma pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 09 BuayPemaca.


Full Text:

PDF

References


IKRIMAH, Fadilatun, etal. Pembiasaan Menghafal Juz Amma Pada Siswa Kelas I, II Dan III SD Islam Terpadu Permata Hati Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. 2016. PhDThesis. IAIN Purwokerto.

Jasiah. 2019. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal di IAIN Palangka Raya, : Palangka Raya ?Journal

ZAIN, Fella Sulfa. Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Dan Membaca Juz Amma Pada Kelas XI SMAN 1 Sambit. 2021. PhDThesis. IAIN Ponorogo.

DAHLAN, Mukhtar Zaini. Penerapan Metode Pembiasaan Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Juz Amma Siswa di MI Nurul Islam Kraton Yosowilangun Lumajang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2022, 3.3: 523-530.

HASANAH, Nurul. Peningkatan Menghafal Al-qur'an juz 30 Menggunakan Metode Wahdah dan Metode Pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang. 2022. PhDThesis. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Ervina , vivi. 2014 . Hubungan Minat dan Penguasaan kosakata dengan kemampuan Bacaan pemahaman, siswa kelas x negeri di kota yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada Tanggal 02 januari 2016

ZAHAR, Maimunah, etal. IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENGEMBANGKAN HAFALAN JUZ AMMA DI KELOMPOK PLUS TK ABA JANTURAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. 2019. PhDThesis. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

ARIFIN, Samsul; IKROM, Fahmi. Implementasi Pembisaan Membaca Juz Amma Untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Kholafiyah Tekung Lumajang. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 2022, 8.2: 196-208.

NURBAITI, Rahma; ALWY, Susiati; TAULABI, Imam. Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journalof Islamic ElementaryEducation, 2020, 2.1: 55-66.

JAYANTI, Dewi Syafitri Dwi, etal. Penerapan Metode Takrir dalam Penguatan Hafalan Juz Amma Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan . UNISAN JURNAL, 2022, 1.4: 60-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.