PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.5 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN MATERI WUDHU

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wudhu di kelas VIII.5 SMP Negeri 01 Belitang dengan menerapkan metode Demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 01 Belitang yang memiliki hasil belajar rendah pada materi wudhu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam pembelajara PAI. Setelah dilakukan penelitian, peneliti bersama observer menghitung hasil persentase. Hasil observasi guru siklus I, skor yang diperoleh 18 dari skor maksimal 28. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru untuk tindakan siklus I tergolong cukup dengan persentase 64,2 % dengan kategori cukup. Data hasil observasi aktivitas siswa untuk tindakan siklus II diperoleh skor 26 dari skor maksimal 28, persentasenya mencapai 92,86%. Hal ini menunjukkan taraf keberhasilan aktivitas siswa menurut pengamatan berada dalam kategori sangat baik. Artinya penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi wudhu di kelas VIII.5 SMP Negeri 01 Belitang.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M., & Kartiko, A. (2022). Strategi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di

Madrasah Bertaraf Internasional. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Art. 2. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.396

Arifin, M., Rofiq, A., & Aliani, S. O. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient) Dan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Terhadap Pembentukan Karakter Religius. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.3

Din Wahyudin. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hera Lestari Mikarsa. (2007). Pendidikan Anak DI SD . Jakarta: Universitas Terbuka.

Hujodo, dkk. 1998. Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pedidikan dalam Era Globalisasi. Program Pasca Sarjana. IKIP. Malang

IGK Wardani, dkk,(2008). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1995). Jakarta: Balai Pustaka.

Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684

Maryunis, 2003. Action Research dalam Bidang Pendidikan. Makalah Tidak diterbitkan

Ngalim Purwanto. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan

dan kebudayaan.

N.K. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nurkancana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka

Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Rosdakarya

Sudjana. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Algesindo

Soedarsono. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Sri Anitah, W . (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wiriatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.