PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII SMPN 9 PALANGKA RAYA

Suyatno Suyatno, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Asmaul Husna setelah diterapkannya model Discovery Learning pada siswa Kelas VII SMPN 9 Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Discovery Learning observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning pada materi Asmaul Husna dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 9 Palangka Raya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa adalah 60%. Sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 92%.


Full Text:

PDF

References


Asril, Zainal. (2010). Microteaching disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Hanafiah, Nanang. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Reflika Aditama

Kemendikbud. (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maarif Syamsul M dan Kartika Lindawati. (2012). Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia, IPB Press, Bogor

Siadari, 2001. Pembelajaran Penemuan Konsep. Bandung: Remaja Risdakarya

Syah, M. (2017) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.