PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII.1 DI SMPN 02 BUANA PEMACA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 02 Buana Pemaca sebanyak 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas guru dan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa yang baik terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMPN 02 Buana Pemaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Asmaul Husna kelas VII.1 SMPN 02 Buana Pemaca , maka peneliti menyimpulkan bahwa: Keberhasilan pembelajaran PAI di SMPN 02 Buana Pemaca dilihat dari hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui Model problem based learning. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 56,25 % menjadi 87,5 %.
Full Text:
PDFReferences
Parasamya, C.E, Wahyuni, A. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 2(1): 42-49 ?Journal
Jasiah. 2019. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal di IAIN Palangka Raya, : Palangka Raya ?Journal
Rudi Ahmad Suryadi dan Sumiyati. 2020. PAI dan Budi Pekerti Kelas 7.Kemdikbud ?Book
Nuryanti, Lilis, Siti Zubaidah, and Markus Diantoro. 2018 "Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3.2 : 155-158. ?Journal
Sarjiyati. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal Ide guru. Vol.2(2) 13-25 ?Journal
Ervina , vivi. 2014 . Hubungan Minat dan Penguasaan kosakata dengan kemampuan Bacaan pemahaman, siswa kelas x negeri di kota yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada Tanggal 02 januari 2016
Insani Madani Istarani, 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada ?Book
Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140?Journal
Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman:155—158. ?Journal
Chaer, A.2014. Perkenalan Awal dengan Al-qur’an . Jakarta : Rineka Cipta. ?Book
Rasjid, Sulaiman, 2018. Fiqh Islam,Bandung: Sinar Baru Algensindo. ?Book
Refbacks
- There are currently no refbacks.