UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA MELALUI METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 13 BUNTOK KEC. DUSUN SELATAN KABUPATEN BARITO SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal Asmaul Husna. Penelitian ini melibatkan 13 siswa, yang menjadi subyek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 13 Buntok, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes buatan guru, lembar pengamatan siswa dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan dikelompokkan disederhanakan kemudian disajikan dalam bentuk persentase dilakukan penafsiran dan pemaknaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan menggunakan metode drill (latihan) ini dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa, dan perhatian siswa lebih fokus ketika menghafal. Dalam pembelajaran pendidikan agama islam terbukti bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 13 Buntok Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Siswa mengalami ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, ke siklus II, yaitu masing-masing 61,35 % dan 92,30 %. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh siswa dalam proses metode drill dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan jelas menunjukkan target keberhasilan telah tercapai.
Full Text:
PDFReferences
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam,(Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan,2006).
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Teori dan Praktik DalamPengembangan Profesionalisme Bagi Guru. (Jakarta: AV Publisher, 2009).
Fuad Efendi, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat. 2005).
Hadi, Amirul, Metodologi Penelitian Pendidikan,(Bandung: Pustaka Setia. 2005).
Jamra, Syaiful Bahri dkk, Strategi belajar mengajar, (Jakarta; Rineka cipta. 2000). Kurikulum PAI, 2002.
Muhtadi Ansor, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya, Yogyakarta: Teras. 2009).
Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Jogjakarta: Diva Press,2012).
Nurjamal, Daeng, Terampil berbahasa, (Bandung: Alfabeta. 2011).
Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2018).
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta: Rineka Cipta, 2008).
Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas IV semester genap. Tahun Pelajaran 2023/2024
Sanjaya, Wina, Standar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006).
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi,( Sinar Baru : Algensindo, 1995).
Sudjana, Nana ,Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Biru, 1989).
Refbacks
- There are currently no refbacks.