UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS MEMBACA QUR’AN SURAH AL-MA’UN DENGAN METODE PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SDN DANAU GANTING

Mustaqim Mustaqim

Abstract


Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran penting di Sekolah Dasar Negeri Danau Ganting. PAI bertujuan untuk membentuk dan memperkuat pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama Islam. Salah satu topik penting dalam PAI adalah pembelajaran tentang Membaca Al-qur’an. Pemahaman yang baik mengenai tata cara membaca dengan baik dan benar menjadi dasar yang penting dalam menjalankan ibadah sehari-hari bagi siswa. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode saintifik yakni meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu tajwid yang ada di dalam bacaan Q.S Al-Ma’un sehingga dalam pembelajaran mampu meningkatkan dan memperoleh makna sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan kesungguhan. Pemahaman dan penguasaan yang baik terhadap materi Q.S Al-Ma’un sangat penting bagi siswa, karena membaca merupakan kesatuan dalam menjalankan ibadah yang lain, seperti salat. Jika siswa tidak memahami dan tidak menguasai dengan baik, dapat berdampak negatif pada pelaksanaan ibadah harian mereka. Begitu juga jika dikaitkan dengan tuntutan kecerdasan abad 21 maka kecakapan yang sangat fundamental adalah salah satunya literasi sehingga dimanapun dan kapanpun terkhusus bagi orang beriman dan sebagai muslim maka menjadi wajib punya kompetensi ilmu membaca.


Full Text:

PDF

References


Agus Wasisto DD, 2018, Penelitian Tindakan Kelas & cara menghitung nilai angka kreditnya, Yogyakarta, graha cendekia

Aminuddin Rasyad, 2002, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama, Jakarta: Bumi Aksara.

Bagus Herdananto, 2009, Menjadi Guru Bermoral Profesional, Yogyakarta: Kreasi Wacana Offset.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1997. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik, Oemar 2003. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hasbullah. 1994. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

John M. Echols dan Hassa Shadily, 1984, Kamus Inggris –

Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia.

Kartono, 1995, Psikologi Umum, Bandung : Mandar Maju. Masykuri Abdurrahman dan Syaiful Bakri, 2006, Kupas Tuntas

Salat: Tata Cara dan Hikmahnya, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Muhibbin Syah, 1995, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Rifa’I, NH. 2002. Bimbingan Ibadah. Jombang: Lintas Media.

Sabiq. 2006. Fiqh Sunah. Jakarta: Pundi Aksaram Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta : PT. Rajawali Sudjana. 2010. Sosiologi suatu pengantar, Jakarta : Grafindo Persada

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto, dkk,2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.