PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PESERTA DIDIK MATERI ASMAUL HUSNA DAN ARTINYA KELAS IV.B UPT SEKOLAH DASAR NEGERI 07 MUARADUA

Evi Andayani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hafalan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Asmaul Husna dan artinya. Penelitian ini berangkat dari teori yang menyatakan bahwa belajar dengan bernyanyi lebih meningkatkan ingatan belajar peserta didik, karena dengan bernyanyi peserta didik merasa lebih senang dan nyaman, serta pemahaman terhadap materi pelajaran akan lebih cepat. Metode bernyanyi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik pada materi Asmaul Husna dan artinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi kelas IV.B UPT Sekolah Dasar Negeri 07 Muaradua 2) mendeskripsikan kemampuan menghafal peserta didik pada materi Asmaul husna dan Artinya kelas IV.B UPT Sekolah Dasar Negeri 07 Muaradua. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV B.


Full Text:

PDF

References


Al-Badr, Syaikh Abdur Razzaq bin Abdul Muhsin. 2016. Ensiklopedi Asmaul Husna. Jakarta: Pustaka Imam SyafiI. ?Book

Fauzan, Ahmad dan Jamaluddin. 2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ?Book

Fauzan, Ahmad dan Jamaluddin. 2021. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ?Book

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara. ?Book

Hudah, Abu Imamil. 2014. Belajar Akhlak dengan 99 Asmaul Husna. Surakarta: al-?udwah Publishing. ?Book

Jasiah. 2017. Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Palangka Raya: Rumah Jurnal IAIN Palopo. ?Journal

Masduki, Yusron. 2018. Implikasi Psikologi Bagi Penghafal Al-Quran. Jurnal Radenfatah: volume 18 nomor 18 tahun 2018. ?Journal

Nuruddin, Muhammad. 2021. Hal-Hal yang Membingungkan Seputar Tuhan. Depok: Keira. hlm. 61. ISBN 978-623-7754-64-0 ?Book

Syafril dan Zelhendri Zen, 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok : Prenada Media Group. ?Book

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ?Book

Setyanto, N. Ardi. 2017. Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Diva Press. ?Book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.