PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HURUF HIJAIYAH PADA SISWA KELAS I SDN 5 BUNTOK TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Erny Susilawati Soetardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik di kelas I di SDN 5 Buntok melalui penerapan model Pembelajaran Inquiri Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Metode Make a Match yang dilakukan dalam dua siklus karena telah mencapai indikator keberhasilan tindakan. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini yaitu untuk keaktifan positif sebesar ? 75%, untuk keaktifan negatif sebesar ? 15% dan ? 75% peserta didik mencapai KKM sebesar 82%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 5 Buntok tahun pelajaran 2023/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peserta didik mengalami peningkatan hasil tes sebesar 21 % dari siklus 1. Ini berarti pengajaran dengan dengan Metode Make a Match ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa. Peserta didik yang tidak mengalami peningkatan sebesar 18% dari siklus 1. Ini artinya menunjukan Metode Make a Match ini belum mampu meningkatkan nilai akademiknya.


Full Text:

PDF

References


Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005 Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fauzan ahmad Syofian. Modul Penelitian Tindakan kelas KB.2 Prosedur PTK. PPG daljab 2021.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, Kemendikbud (dalam buku pelatihan guru Implementasi Kuriulum 2013), Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Noehi Nasution dkk. (1992). Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud,

Qur’an in word.office 2007.diakses tanggal 24 Juli 2021

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London:

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009),

Suparno, p., Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius,

Trianto, 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.

Usman, Uzer, M. 2002. Menjadi Guru Profesional. Edisi kedua. Cet,akkan ke empat belas. Bandung: PT Remaia Rosdakarya,

Warsito, Bambang. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Malang: Surya Pena Gemilang),

https://raharja.ac.id/2020/11/18/model-pembelajaran-cooperative-learning , di akses tanggal 23 Juli 2021, pukul


Refbacks

  • There are currently no refbacks.