PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL-HUJURAT:13 MELALUI METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 MENGKATIP KECAMATAN DUSUN HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Ali Badrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat Al-Hujurat:13. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian PTK(Penelitian Tindakan Kelas). Hasil penelitian menunjukkan siswa tertarik dan berminat dengan metode drill sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar dan hasil belajar menjadi meningkat, peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I ( 71,07 %. ), siklus  II ( 92,30 %).


Full Text:

PDF

References


Lasmana, Nunung, and Ahmad Suhendra. "Al-Qur’an dan Tiga Kitab Suci Samawi Lainnya." Jurnal Asy-Syukriyyah 18.1 (2017): 39-52.

Mu'in, Fathul, and Rudi Santoso. "Konstruksi Dan Arah Baru Pemahaman Terhadap I’jaz Al-Quran." Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 5.01 (2020): 26-41.

Mu'in, Fathul, and Rudi Santoso. "Konstruksi Dan Arah Baru Pemahaman Terhadap I’jaz Al-Quran." Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 5.01 (2020): 26-41.

Aulia, Andi Nafsia. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mengingat 20 Sifat Wajib Allah dan Artinya dengan Media Lagu pada Siswa Kelas 2C MI Sullamul Ulum." Jurnal PTK dan Pendidikan 8.2 (2022).

Masduki, Yusron. "Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an." Medina-Te: Jurnal Studi Islam 14.1 (2018): 18-35.

Uliyah, Asnul, and Zakiyah Isnawati. "Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab." Jurnal Shaut Al-Arabiyah 7.1 (2019): 31-43.

Munasip, DewiWahyuni. "Permainan teka-teki silang sebagai metode edukatif pembelajaran mufradat Bahasa Arab pada siswa Madrasah Aliyah (MA)." Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab 18.2 (2021): 102-110.

Arfiyanti, Nindi. Studi Analisis Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125. Diss. Unisnu Jepara, 2018.

Hartati, Yuli. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 014 Jamik Tahun Ajaran 2017/2018." e-Jurnal Mitra Pendidikan 3.6 (2019): 908-920.

Jamhuri, M. Jamhuri M. "Penggunaan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa di smk dewantoro purwosari." Jurnal Al-Murabbi 1.2 (2016): 201-216.

Nagina, Rispa. Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Viii Pondok Pesantren Ar-Royyan Kecamatan Kabun Rokan Hulu. Diss. Universitas Islam Riau, 2021.

Ramdhan, Muhammad. Metode penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

Salim, Haidir. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana, 2019.

Susanti, Emilia, Dicki Hartanto Emilia Susanti, and Dicki Hartanto. "Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam." POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1.1 (2015): 151-174.

Suwarto, Suwarto. "Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal." Jurnal Penelitian Humaniora 17.1 (2016): 1-8.

Fanreza, Robie. "Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dosen Tetap Al-Islam Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara." Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 9.2 (2017): 141-161.

Pelealu, Angelina, Grace B. Nangoi, and Natalia YT Gerungai. "Analisis Penerapan Sistem Transaksi Non Tunai Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung." Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi 13.04 (2018).

Firdaus, Jamaluddin. Peran Budaya Literasi dalam Pembentukan Karakter dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Indramayu (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Bi’tsatul Islamiyah desa Tempel dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Wardah desa Pengauban Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu). Diss. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.