PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI MENGHINDARI GHIBAH DAN MENUMBUHKAN TABAYUN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk siswa kelas VII di SMP Negeri Satap 4 Sematu Jaya, paradigma pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran PAI digunakan dalam penelitian ini untuk menunjukkan bagaimana prestasi belajar meningkat. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Empat langkah pelaksanaan metode ini adalah persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut digabungkan menjadi satu siklus yang diulang dengan menggunakan metode yang sama dan tetap menekankan pada pengajaran kepada siswa tentang cara memecahkan masalah (dan menemukan jawaban) dengan cara mereka sendiri, melakukan penelitian sendiri, dan mencari informasi dengan menggunakan paradigma Pembelajaran Berbasis Masalah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan paradigma pembelajaran berbasis masalah telah meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari pelaksanaan setiap siklus menunjukkan peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. Perincian nilai rata-rata tes Formatif siklus I rata-rata 60 dan tes Formatif Siklus II rata-rata 80. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa model yang peneliti gunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Nasir, Tatang Muh, et al. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kadipaten." MANAZHIM 5.1 (2023): 261-277.
Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ari Sulistiyowati,” Studi Deskriptif Fungsi Dan Dampak Negatif Gosip Pada RemajaSkripsi, “ Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah malang 2016
Syamsidah & hamidah Suryani,Buku Model Problem Based Learning ( PBL) (DIY:Deepublish,2008)
(https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/70353)
https://www.educativo.marospub.com/index.php/journal/article/view/112
Ngalimun. 2013. Strategi dan Meodel Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata PadiPresindo Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.