MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Siti Karimah, Setria Utama Rizal

Abstract


Minimnya media pembelajaran menjadi salah satu indikator pembelajaran PAI Kurang di sukai siswa di sekolah menegah pertama.menggunakan media pembelajaran dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi secara kontekstual. Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi meneladan nama dan sifat Allah untuk kebaikan hidupsiswa kelas VII SMP Negeri 2 PAKU.Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Pembelajaran Discovery learning dan media audoi visual. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, lembar observasi, dan tes. Instrumen pengambilan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi dan tes.Hasil uji coba ini ditunjukkan pada siklus sebelumnya dengan nilai rata-rata 55, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 68, kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 80. Pembelajaran siswa pada tahap sebelumnya sebesar 40%. sedangkan pada siklus I sebesar 50% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%. Maka melalui model pembelajaran Discovery learning dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi meneladan nama dan sifat allah untuk kebaikan hidupsiswa di kelas VII SMP Negeri 2 PAKU.


Full Text:

PDF

References


Lubis, Erika Kumala Dewi. Pelaksanaan Bimbingan Perilaku Adaptif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Melati Aisyiyah Bandar Khalipah Tembung Medan. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan, 2018.

Nursaadah, Nia. "Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar." GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2.1 (2022): 397-410.

AUFA, Rois Hakimul, et al. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Islami di Sekolah Dasar. Adiba: Journal of Education, 2023, 3.2: 185-193.

MULYANA, SEPTIA. PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE ISPRING SUITE BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI X SMAN 1 KEC. MUNGKA. 2022.

Mohammad, Lukman Hidayat. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Islam Al Khasyiun Ciputat Tangerang Selatan. Diss. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2021.

Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia De Kock. "Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 11.3 (2021): 238-251.

Untari, Pipik. "Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar." SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2.1 (2022): 77-90.

Azizah, Anisatul. "Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran." Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3.1 (2021): 15-22.

Rambe, Nelli, Nunik Ardiana, and Muhammad Syahril Harahap. "Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penggunaan Model Problem Posing di SMP Swasta Tapian Nauli." JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 3.2 (2020): 69-74.

PARMI, Parmi. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Pemanfaatan Barang Bekas (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A TK Aisyiyah 1 Kacangan, Andong, Boyolali Tahun Pelajaran 2011-2012). 2012. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakart

Sanjaya, Wina. Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.

Nimah, Zetty Azizatun. "Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta." Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 15.2 (2017).

Anugrah, Muhamad. Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio, 2019.

Setyawan, Anjar. "PENINGKATAN HASIL BELAJAR QAWAID JENIS ISM DENGAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN." Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI) 3.1 (2023).

Umbaryati, Umbaryati. "Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika." PRISMA, prosiding seminar nasional matematika. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.