PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA SMPN SATU ATAP 4 LAMANDAU

Miftakhul Huda, Setria Utama Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMPN Satu Atap 4 Lamandau melalui penerapan metode Drill. Metode Drill (Developing Reading Independently and Listening and Learning) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan membaca secara mandiri dan mendengarkan serta belajar dari guru dan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes membaca Al-Quran, observasi kelas, wawancara, dan angket untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan siswa dan persepsi mereka terhadap metode drill. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode DRILL efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam tingkat kefasihan siswa dalam membaca Al-Quran, serta peningkatan pemahaman terhadap makna dan tajwid.Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran Al-Quran di SMPN Satu Atap 4 Lamandau dan juga memberikan manfaat bagi sekolah lain dalam menerapkan metode DRILL sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif.


Full Text:

PDF

References


Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Dari Teori Menuju Praktik. Malang: UM. Pres

Acep Hermawan. 2011. Ulumul Qur’an: Ilmu Untuk Memahami Wahyu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Agus Salim Syukran. (2019). Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia https://jurnal.stiqsi.ac.id/index.php/AlIJaz/article/view/21

Magdalena. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04: https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1250/870

Tabrani Lubis. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Alquran Dengan Metode Drill (Latihan) Melalui Explicit Instruction https://scholar.archive.org/work/jc6ltldvqfbofpd5sedfmabjse/access/wayback/https://ahlimedia.com/jurnal/index.php/jira/article/download/34/29

Elya Mu’jizah. (2021). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatakan Kemampuan Membaca Surah-Surah Pendek Pelajaran PAI Kelas IV SDN Palimbang Gusti 2. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/231


Refbacks

  • There are currently no refbacks.