PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS IV SDN MUARA PLANTAU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan peran siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model collaborative puzzle pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN Muara Plantau.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan membentuk kelompok bersam,tujuannya adalah untuk meninjau literatur yang disediakan dan menerapkan metode diskusi.Kemudian penerapan metode diskusi terlihat dari hasil belajar siswa setiap siklusnya.Oleh karena itu pada pra siklus kinerja penguasaan belajar siswa sesuai dengan hasil penelitian ini.Pelaksanaan serta analisis dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat dilihat dari capaian aktivitas belajar siswa pada setiap siklus atau tingkatnya sebelum siklus serta kinerja untuk menyelesaikan studi dengan 3 siswa atau peningkatan nya 30% dan hasilnya 6 siswa atau peningkatan nya 60%,dari siklus II menjadi 10 siswa meningkat menjadi 100%.Ini berarti mengadopsi model puzzle kooperatif dipergunakan dalam pembelajaran sudah berhasil dan meningkat sesuai hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad Daud, 2010. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Budiman, Rudi. 2019. Konsep Dasar IPA, Jakarta: Departemen Agama RI.
Dahlan, 1984. Model-Model Mengajar, Bandung: Diponegoro.
Mardiana,V.2019.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Daradjat, Zakiah. Dkk. 2016. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mulyasa. 2020. Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Remaja Rosda karya.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, 2009.Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung, Refika Aditama.
Rusman. 2019. Menajemen Kurikulum, Jakarta: Rajawali Pers.
Suprayitno,SA.2018.Keterampilan Sosial Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw).
Suyanto, Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Professional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global, Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Sukardi. 2019. Metodologi penelitian, kompetensi dan prakteknya, Jakarta: bumi aksara. Prasetiya, B. (2019). Mengungkap Analisis Dan Evaluasi Kebijakan Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Conciencia, 19(2), 99111. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4395
Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh disiplin ibadah sholat, lingkungan sekolah, dan intelegensi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166178. http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Refbacks
- There are currently no refbacks.