MENINGKATKAN AKTIVITAS ANAK DALAM MENGENAL CIPTAAN ALLAH MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

Siti Aminah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan hasil aktivitas  anak dalam  mengenal ciptaan Allah pada anak kelompok B Tk Pantai Mansi Desa Gambah Dalam Kecamatan Kandangan  masih rendah, hal ini disebabkan kurang antusiasnya anak terhadap kegiatan yang diberikan guru karena kurang bervariasinya media yang digunakan saat kegiatan. Media visual adalah salah satu media  pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan antusian anak dalam mengenal ciptaan Allah. Melalui media pembelajaran ini mengajak anak belajar sekaligus bermain dengan menggunakan tampilan gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas anak dalam mengenal ciptaan Allah menggunakan media visual.

Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif kuantitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa tahapan yang membentuk siklus. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Cara penggalian data dalam penelitian ini dengan mengamati aktivitas anak . Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Pantai Mansi Desa Gambah Dalam tahun ajaran 2021/2022, jumlah anak kelompok B adalah 9 orang yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 6 anak perempuan.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa menggunakan media visual aktivitas anak dalam mengenal ciptaan Allah pada siklus 1 rata-rata nilai 63 %  dan pada siklus 2 meningkat menjadi 88,9 %

Berdasarkan dari hasil penelitian, media visual ini layak diterapkan sebagai media alternatif yang dapat digunakan pada proses meningkatkan aktivitas anak dalam mengenal ciptaan Allah .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.