PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI

Titin Suhartini, Setria Utama Rizal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan prestasi akademik siswa kelas IV PAI di SDN Biwan dengan menggunakan model Kooperatif Student Team Achievement Division. Metode yang digunakan dalam penelitian ini disebut dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat langkah tersebut merupakan bagian dari siklus yangberulang dengan langkah yang sama dan tetap berfokus pada pemecahan masalah (jawaban) melalui penemuan diri, penyelidikan diri, dan pencarian informasi. Hasil uji coba lapangan menunjukkan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 25 % sedangkan pada siklus I adalah 50% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 100%. Sehingga melalui model pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menyambut Usia Bali di kelas IV SDN Biwan dinyatakan tuntas dan berhasil.


Full Text:

PDF

References


Arif, Masykur Rahman. Kesalahan-kesalahan Fatal Paling Sering

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.2009

Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2013

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Empat). Jakarta: Balai Pustaka. 2015

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011

Anas, Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia ... 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. https://www.google.com/search?client=firefox-b-e&q=ptk+menurut+salahudin+2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.