MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH KELAS IV SDN PATUNG TAHUN 2023

Rusmah Rusmah, Setria Utama Rizal

Abstract


Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus dan 1 siklus yang dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PAI tentang Asmaul Husna pada siswa kelas IV SDN Patung Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur tahun ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas IV SDN Patung Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur. Hal ini terlihat dari penilaian akhir siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 40% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal mencapai 100%.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2018 Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Argensindo.

Ansori, Hidayah 2014, Makalah Diklat PLPG Matematika. Banjarmasin (tidak dipublikasikan).

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka CIPTA.

Aslamiah. 2020. Pedoman Penyusunan Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Herdian. 2020. Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) (http://www.ca/id.htm). Diakses tanggal 7 Agustus 2021.

Halimah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (Skripsi) Banjarmasin: FKIP Unlam.

Haryono. 2017. Buku Pendidikan Luar Sekolah PKn Kelas V. Jakarta: Perca.

Hidayat, dkk. 2018. Buku Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta. Sinar Grafika.

Ibrahim, M., F. Rachamadiarti, M. Nur & Ismono. 2020. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kurniawan, Nursidik. 2019. Karakteristik dan Kebutuhan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. www.infodiknas.com. Diakses tanggal 02 Agustus 2022.

Mulyana. 2017. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Rosda Karya.

Mulyana. 2017. Menjadi Guru Propesional. Bandung: PT Rosda Karya.

Porwanto, Ngalim, M. 2022. Cet. Ke Delapanbelas Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Rosdakarya.

Resmini, Novi, dkk. 2016. Membaca dan Menulis di SD Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS

Ruminiati, 2017. Modul Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Soemanto, Westy. 2023. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin, Basrowi. 2019. Manajemen PTK. Jakarta: Insan Cendekia

Suriansyah, Ahmad. Dkk. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi) Khusus untuk Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat FKIP PGSD.

Thoifori. 2018. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail Media Group.

Tim Pustaka Yustisia, 2017. Panduan Lengkap KTSP SD/MI, SMP dan SMA/SMK. Jakarta: Pustaka Yustisia.

Usman, U.M.2018: menjadi Guru Propesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.