PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KAWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Penelitian Tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kawa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang diberikan kepada Peserta didik kelas IV SDN Kawa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN Kawa pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk pokok bahasan Q.S. Al Hujurat Ayat 13 Penelitian dilakukan dalam dua bagian, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sama halnya dengan siklus II yang memiliki kesamaan dengan siklus I, begitu pula dengan siklus II. Dalam metodologi penelitian ini, alat untuk pengumpulan dan analisis data termasuk teknik tertulis untuk menganalisis data secara deskriptif seperti tinjauan kinerja karyawan Peserta didik dan observasi buku besarTes Hasil Belajar digunakan untuk menganalisis data hasil belajar Peserta didik. Ketuntasan hasil belajar Peserta didik dari siklus I yang mengalami ketuntasan 8 Peserta didik atau sebesar 67% dengan rata-rata 72, pada siklus II meningkat menjadi 12 Peserta didik atau sebesar 100% dengan nilai rata-rata 88, adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar Peserta didik. Disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif gaya STAD dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada materi Q.S Al-Hujurat ayat 13.
Full Text:
PDFReferences
Peraturan daerah provinsi kalimantan selatan nomor 3 tahun 2009 tentang Pendidikan al-Quran
Agus Suprijono, Cooperative Learnning Teori & Apllikasi Paikem, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan kelas, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
-------------------------, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafendo Persada, 2008.
Departemen Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003.
Depag RI, Al-Qur'an Dan Terjemahnya, Jakarta Th. 1989.
Dimyati, Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
E. Mulyasa, Kurikulum berbasis kompetensi, Konsep, karakteristik, implementasi dan Inovasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
---------------, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Rosdakarya, 2000.
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Isjoni, Pembelajaran Koperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Masitoh, & Laksmi Dewi, Strategi Pembelajaran, Jakarta Depag RI. 2009.
Mendiknas, Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Bandung, Nuansa Aulia, 2005.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Praktek Baru, Bandung: Rosdakarya, 1995.
Mulyana Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta, PT.Rieneka Cipta, 2003.
M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Oemar Hamaik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Salim Bahreisy, Riadhus solilhin, penerbit PT Alma Arif Bandung cet. 9 jil. 2 th 1986.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Srandar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group. 2007.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Biru, 1989).
Sudjana, Nana, Cara Belajar Peserta didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru. 1998).
Refbacks
- There are currently no refbacks.