UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS VII SMPN SATAP 5 LAMANDAU
Abstract
Penelitian ini berjudul “upaya Peningkatkan kemampuan belajar materi asmaul husna melalui media audio visual pada kelas VII smpn satap 5 Lamandau” adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu karena masih adanya siswa yang belum sepenuhnya mencapai Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) di sebabkan metode belajar yang masih belum bisa menggugah minat siswa untuk belajar dengan menyenangkan seperti siswa hanya mendengarkan dan mencatat, sehingga siswa merasa bosan yang akhirnya mempengaruhi hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan Model pembelajaran Audio visual pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada kelas VII di SMPN Satu Atap 5 Lamandau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Peneliti mengambil sampel penelitian pada kelas VII yang siswanya sejumlah 12 siswa dengan melihat hasil sesudah sebelum. Teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Kesimpulan yang dapat di hasilkan dari hasil penerapan model pembelajaran Audio visual siswa kelas VII di SMPN Satu Atap 5 Lamandau yang dilakukan 2 siklus. Metode ceramah di gunakan peneliti untuk memberikan pembelajaran pada siklus 1 dengan nilai hasil belajar 62 rata-rata kelas. Pada saat siklus yang ke 2 , metode Audio visual di gunakan peneliti dalam memberikan pembelajaran dan hasilnya di peroleh nilai 80 rata -rata kelas. Tes di lakukan dengan kolaborasi kelompok dengan kuis interaktif dan soal pilihan ganda . Metode Audio Visual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang disignifikan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VII SMPN Satu Atap 5 Lamandau.
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Cet. Ke-15, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2006, hlm. 64
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Aris Shohimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif. (Jakara: Bumi Aksara, 2019), hlm.24
Jamil Supratiningrum, Strategi Pembeajaran Teori dan Aplikasi, Cet. Ke-3, Jakarta: Ar- Ruzz Media, 2016
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020, “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti”
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020, “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti”
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Belajar,2013)
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, (Banjarmasin:Sripta Cendekia, 2019)
Rusman, Model-Model Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2018), hl64
Refbacks
- There are currently no refbacks.