PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PAI TENTANG ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN MODANG MAS

Ahmad Tohir, Setria Utama Rizal

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan peningkatan prestasi belajar melalui penerapan Index Card Match dalam pembelajaran PAI di kelas IV di SDN Modang Mas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini melibatkan empat langkah utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat langkah tersebut membentuk suatu siklus yang diulang dengan langkah-langkah yang tetap konsisten, dengan fokus pada cara pemecahan masalah melalui pemikiran, penyelidikan, dan pencarian informasi dalam konteks pembelajaran menggunakan Index Card Match. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan Index Card Match berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Kemajuan ini tercermin dalam hasil dari setiap siklus yang dijalankan. Nilai rata-rata tes Formatif pada Siklus I adalah 60, sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 80. Temuan ini memberikan bukti bahwa Index Card Match yang diterapkan dalam penelitian ini berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif.


Full Text:

PDF

References


Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan, 2006

Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. Jakarta: AV Publisher, 2009

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka. 1990

Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2002

Efendi Fuad , Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat. 2005

Hadi, Amirul, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia. 2005

Jamra, Syaiful Bahri dkk, Strategi belajar mengajar, Jakarta; Rineka cipta. 2000

Muhtadi Ansor, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya, Yogyakarta: Teras. 2009

Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta: Diva Press, 2012

Nurjamal, Daeng, Terampil berbahasa, Bandung: Alfabeta. 2011

Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2018

Rostiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

RPP PAI Kurikulum 2013 kelas IV semester ganjil. Tahun Pelajaran 2021/2022

Sanjaya, Wina, Standar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Sinar Baru : Algesindo, 1995

Sudjana, Nana ,Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Biru, 1989

Sudjana, Nana, Cara Belajar Peserta didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru. 1998

Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo persada. 1996

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bandung: Alfabeta. 2012

Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdikarya,2011

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Menejemen Komunikasi, Yogyakarta: MedPress, 2009

Syah, Muhibbin, Metodologi Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1992

Usman, Basyirudin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres. 2002

Zuhairini, dkk, Matodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional , 19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.