PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PAI TENTANG ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN MODANG MAS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan peningkatan prestasi belajar melalui penerapan Index Card Match dalam pembelajaran PAI di kelas IV di SDN Modang Mas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini melibatkan empat langkah utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat langkah tersebut membentuk suatu siklus yang diulang dengan langkah-langkah yang tetap konsisten, dengan fokus pada cara pemecahan masalah melalui pemikiran, penyelidikan, dan pencarian informasi dalam konteks pembelajaran menggunakan Index Card Match. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan Index Card Match berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Kemajuan ini tercermin dalam hasil dari setiap siklus yang dijalankan. Nilai rata-rata tes Formatif pada Siklus I adalah 60, sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 80. Temuan ini memberikan bukti bahwa Index Card Match yang diterapkan dalam penelitian ini berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa dalam aspek kognitif.
Full Text:
PDFReferences
Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: CV.Pustaka Agung Harapan, 2006
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Teori dan Praktik Dalam Pengembangan Profesionalisme Bagi Guru. Jakarta: AV Publisher, 2009
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka. 1990
Dimyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta 2002
Efendi Fuad , Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat. 2005
Hadi, Amirul, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia. 2005
Jamra, Syaiful Bahri dkk, Strategi belajar mengajar, Jakarta; Rineka cipta. 2000
Muhtadi Ansor, Ahmad, Pengajaran Bahasa Arab Media, dan Metode-metodenya, Yogyakarta: Teras. 2009
Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta: Diva Press, 2012
Nurjamal, Daeng, Terampil berbahasa, Bandung: Alfabeta. 2011
Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2018
Rostiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
RPP PAI Kurikulum 2013 kelas IV semester ganjil. Tahun Pelajaran 2021/2022
Sanjaya, Wina, Standar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006
Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Sinar Baru : Algesindo, 1995
Sudjana, Nana ,Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Biru, 1989
Sudjana, Nana, Cara Belajar Peserta didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru. 1998
Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo persada. 1996
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Bandung: Alfabeta. 2012
Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdikarya,2011
Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Menejemen Komunikasi, Yogyakarta: MedPress, 2009
Syah, Muhibbin, Metodologi Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1992
Usman, Basyirudin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pres. 2002
Zuhairini, dkk, Matodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya : Usaha Nasional , 19
Refbacks
- There are currently no refbacks.