PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING-THE-WAY SISWA KELAS IV SDN NANGA BULIK 3
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan siswa pada materi ketentuan shalat lima waktu melalui Metode Modeling The Way pada pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN Nanga Bulik 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan memberikan gambaran contoh Gerakan yang diperankan oleh guru dan melalui sumber belajar yang lain sehingga siswa dapat mempermudah memahami Gerakan dan bacaan dengan diperkuat oleh diskusi kelompok dengan tujuan untuk saling membantu dalam kesulitan dipemahaman Gerakan dan bacaan. Setelah menerapkan Metode Modeling The Way dapat dilihat dari kemampuan siswa yang meningkat dengan dibuktikan dengan semakin baiknya prestasi belajar siswa didik pada tiap siklus. Adapun kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan tindakan, tindakan, observasi dan refleksi.Pada rata-rata siklus I pre-test yang mencapai 60,67 dan post-test meningkat menjadi 67,84. Sedangkan nilai rata-rata siklus II pada soal pre-test mengalami peningkatan yaitu 82,30 dan meningkat lagi dalam nilai rata-rata post-test yang mencapai 84,44. Sedangkan persentase keberhasilan pada siklus I mencapai 36,46 % yang dapat dinyatakan dengan kriteria kurang baik. Sedangkan pada siklus II persentase keberhasilan siswa sebesar 92,30 % yang dapat dinyatakan dengan kriteria sangat baik. Dengan demikaian penggunaan media audiovisual pada pembelajaran Ketentuan Shalat Lima Waktu di kelas IV SDN Nanga Bulik 3 prestasi belajar siswa meningkat.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad Daud, 2018. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Budiman, Rudi. 2018. Konsep Dasar IPA, Jakarta: Departemen Agama RI.
Dahlan, 2017. Model-Model Mengajar, Bandung: Diponegoro.
Marno, dkk.(2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.