PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 7 PAHANDUT PALANGKA RAYA

Irhami Fadli

Abstract


Penelitian Tindakan kelas ini penulis buat berdasarkan hasil evaluasi atas proses pembelajaran sebanyak  2  siklus,  pada  siswa  Kelas  IV  SDN 7 Pahandut semester  I  tahun  pelajaran  2023/2024 dengan  jumlah  siswa  20 anak  pada  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang Sifat-Sifat Allah ( Asmaul Husna). Dalam evaluasi atas proses pembelajaran  tersebut  untuk  pra  siklus,  nilai  yang  diperoleh  siswa  masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Standar ketuntasan minimal nilai siswa secara individu adalah 75, secara klasikal nilai ketuntasan minimal harus mencapai 75% dari jumlah siswa, sedangkan pada tahap pra siklus ini hanya 6 siswa (25%) yang tuntas nilainya dari 20 siswa, sedangkan sejumlah 15 siswa (75%) masih mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimal Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  siswa  tentang  Asmaul  Husna   di  Kelas  IV  SDN  7 Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya tahun 2023/2024  dengan model PBL.

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Anas Sudjono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi aksara

Sutikno M. Sobri. 2007. Rahasia Sukses Belajar dan Mendidik Anak,Mataram, NTP Press

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. Aswam Zain, Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rienka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus Tu,u . 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo

Toto Suryana dkk, 2004. Pendidikan Agama Islam, Bandung: Tiga Mutiara, 2006 Wardani, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: UT

Werkanis dan Marlius Hamadi. 2005. Strategi mengajar dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Sutra Benta Perkasa

Nafiah, Yunin. Nurun. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.4, 130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.