PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTS NEGERI SAMARINDA

Andi Widiantoro, Abdullah Abdullah

Abstract


Berdasarkan fakta data lapangan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi misi dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah sebagai rahmatan lil’alamin masih berada dibawah nilai ketuntasan minimal yaitu sebanyak 6,45% dari jumlah peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas guna menelaah upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.F MTs Negeri Samarinda semester I tahun 2023/2024 berjumlah 31 orang. Peneliti menggunakan instrumen dengan tes kemampuan dalam mengukur tingkat hasil belajar peserta didik dan angket guna mengukur motivasi belajar mereka. Hasil penelitian membuktikan pada siklus I dan II, yakni 2,91 dan 3,17 yang berarti terdapat peningkatan motivasi rata-rata sebesar 0,26. Untuk hasil belajar peserta didik siklus I dan II, yakni 38,70% dan 83,87% yang berarti terdapat peningkatan rata-rata sebesar 45,17%. Kesimpulannya model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi misi dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekkah sebagai rahmatan lil’alamin di kelas VII.F MTs Negeri Samarinda semester I tahun 2023/2024

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3.

Fatirul, Achmad Nor. 2020. Strategi Problem based learning Berbantuan Internet Dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Belajar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Hamalik, Omear. 2007. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hotimah, Husnul. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem based learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi 7, no. 3.

http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9701.

http://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/33.

http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7156.

Kunandar. 2008. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. UIN-Maliki Press.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, cet. 5.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain Sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana Perenada media Group.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Siddiq, Muhamad Nur. dkk. 2020. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Literasi Lingkungan Peserta didik SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3.1.

Sofyan, Herminarto. 2015. Metodologi Pembelajaran Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Taniredja, Tukiran dkk. 2011. Model-model pembelajaran Inovatif. Alfabeta: Bandung.

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4.

Undang-Undang No.20 Tahun (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.