PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS 5 MIN 7 MAGETAN
Abstract
Tingkat pemahaman yang kurang dikuasai oleh peserta didik dikarenakan penyampaian guru yang terkesan monoton seperti ceramah dalam proses pembelajaran menjadikan peserta didik mudah cepat bosan dan kurang aktif saat pembelajaran berlangsung, sehingga nilai hasil belajar tidak mencapai KKM
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode mind mapping pada materi Nabi Muhammad membina Masyarakat Madinah mata pelajaran SKI kelas 5 di MIN 7 Magetan. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewwin yang terdiri dari 4 tahap yakni: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) pengamatan, d) refleksi yang dilaksanakan pada siklus I dan II. Subjek penelitian adalah peserta didik yang terdiri dari 23 anak.
Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes/non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan pada siklus I Peserta didik mendapatkan skor 73,43 dan jumlah skor nilai presentase peserta didik yang memperoleh 65,21% (cukup) pada siklus I . Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata kelas peserta didik Mendapatkan 83,26 dan nilai presentase peserta didik 86,95% (baik). Dengan menggunakan metode mind mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Nabi Muhammad membina kota Madinah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 MIN 7 Magetan semester ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024Full Text:
PDFReferences
Aizid, R. (2015). Sejarah Peradaban Islam Terlengkap. Yogyakarta: Diva Press.
Fitriyah, N. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas VI MI Al-Asy’ari Sidoarjo (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Suarabaya).
Henry, T. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Safitri, D. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Balangan 1. Basic Education, 5(3), 193-203.
Sani, A.R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Silalahi, U. (2010). Strategi Penelitian Sosial. Bandung: Anggota Ikapi.
Sukardi. (2013). Strategi Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sumadayo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Syaodih, N. (2013). Strategi Penelitian Pendidik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zuhairini, Kasiram, M., Ghofir, A., Tadjab, Fadjar, A.M., & Umar, M. (2014) Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: UIN Jakarta PRESS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.