PENINGKATAN KETERAMPILAN BERWUDHU MELALUI MEDIA VIDEO MURID KELAS II SD NEGERI HAMALAU 1 KECAMATAN SUNGAI RAYA

Lisa Mardian

Abstract


Pemilihan media pembelajaran yang tepat adalah hal yang perlu diperhatikan guru dengan penerapan media vidio untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada pelajaran wudu Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana keterampilan wudlu siswa kelas II SDN Hamalau I ? 2. Bagaimana Keterampilan Wudu melalui Media Vidio bagi siswa di SDN Hamalau I?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Hamalau 1, dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yaitu tes setiap siklus, observasi dan respon siswa terhadap media video dalam menjelaskan praktik pembelajaran tata cara wudu . Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat prestasi keterampilan siswa belajar , tes yang digunakan adalah tes keterampilan praktik wudu,tes tertulis. Hasil dari penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yang mana perencanaan yang dilakukan pada pembelajaran praktik wudu sudah terlaksana dengan bagus. penerapan media vidio pada pembelajaran praktik wudu sudah mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran materi praktik wudu sudah mulai meningkat ketuntasan hal ini terlihat pada siklus I nilai rata-rata 67 dengan persentase 60 % dari sebelum siklus 1 nilai rata-rata yaitu 63 dengan persentase 40% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80 dengan persentase 90% terlihat sangat jelas peningkatan keterampilan wudu menggunakan media vidio mengalami peningkatan yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media video

sebesar 90%, hasil proses pembelajaran ini tergolong kedalam kriteria sangat positif karena siswa senang dalam belajar sambil menggunakan media vidio.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.