PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE DEMONTRASI PENGAMALAN IBADAH SHALAT PADA SISWA DI KELAS VIIA MTs NURUL YAQIN SAMPIT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Demontrasi Pengamalan Ibadah Shalat Pada Siswa Di Kelas VIIa MTs Nurul Yaqin Sampit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis instrument yang digunakan untuk mengahsilkan atau mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa, lembar pedoman observasi guru dan siswa.
Adapun hasil analisis data yang didapatkan menunjukkan terjadinya peningkatan untuk hasil Tes belajar siswa pada pra siklus dengan perolehan nilai rata-rata 72 dengan persentase ketunyasan 50%., pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 76 dengan persentase ketunyasan 75%. Kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan 100%.
Kesimpulan penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 50% dari ketuntasan siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIIa di MTs Nurul Yaqin Sampit Tahun Pelajaran 2023/2024
Full Text:
PDFReferences
Surawan, S., Bilad, C. Z. E., Syabrina, M., & Azmy, A. (2022). Implementasi pendidikan karakter di Madrasah dan Sekolah Islam Terpadu.
Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Theaching, (Ciputat: Quantum Theaching, 2010), 128
Abdul Aziz, Muhammad azzam dkk, Fiqih Ibadah, Ter. Karman As?at Irsyady, dkk,
Jakarta: Amzah, 2010.
Abdul Majid, Penelitian Autent ik: Proses dan Hasil Belajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Ade Wahidin, “Dialektika Rasulallah Terhadap Al-Qur?an”, Jurnal Ilmu Al- Qur?an
dan Tafsir,Vol. 03, Nomor 2,Oktober 2018.
Agreistin E. Peole,Dkk.”Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Taopa”. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6.
Ahmad Mustafa Al-Marigi, Tafsir Al-Maragi, Juz V, Ter. Bahrun Abu Bakar, Semarang: PT Karya Toha Putra, 1993.
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan,Bandung: Pustaka Setia,2011. Mardianto, Psikologi Pendidikan. Medan, Perdana Publishing, 2012.
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta,2000.
Miaz Yalvema, Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dan Dosen.Padang: UNP Press padang, 2015.
Mu?alimin , Rahman Arofah Hari Cahyadi, Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik, .Pasuruan:2014.
Muhammad Azizuddin. „„Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs An-Najah Desa Sesele Kecamatan Gunungsari Lombok Barat??, Skripsi, FTK UIN Mataram, Mataram, 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.