PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SUJUD MODEL DISCOVERY SISWA KELAS VII SMPN 1 PATANGKEP TUTUI

Nazarudin Nazarudin, Setria Utama Rizal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur menggunakan Model Pembelajaran Discovery siswa kelas VII SMPN 1 Patangkep Tutui. Adapun metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar materi sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud suykur dengan menggunakan Model Discovery  yaitu teknik pembelajaran yang memberikan kebebasan siswa untuk mengembangkan pemahaman mereka sendiri melalui eksplorasi, eksperimen, dan pemecahan masalah. Metode ini berlangsung dalam empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat langkah tersebut tertuang dalam satu siklus yang diulang dengan langkah yang sama dan tetap terfokus pada pemecahan masalah (jawaban) melalui penemuan diri, penyelidikan diri, dan pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery mengalami peningkatan. Hal ini terlihat jelas dari hasil siklus satu dan dua yang meningkat dari 60% menjadi 100%. Dari hasil tersebut, ternyata model Discover yang peneliti gunakan dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada materi sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur pada siswa kelas VII SMPN 1 PATTANGKEP TUTUI. 


Full Text:

PDF

References


Rasjid, Sulaiman, Fiqh Islam, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2018).

Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, ( Jakarta: Raja Grafindo persada. 1996).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Bandung: Alfabeta. 2012). Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung: Remaja Rosdikarya,2011).

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori dan Menejemen Komunikasi, (Yogyakarta: MedPress, 2009).

Syah, Muhibbin, Metodologi Psikologi Pendidikan,(Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003).

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1992).

Usman, Basyirudin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Pres. 2002).

FAJRI, ZAENOL. Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi BELAJAR SISWA SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 64-73, dec.2019.ISSN26564459.Availableat:. Date accessed: 18 aug. 2023. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478.

Indah Pertiwi, Dewi.2019 Upaya meningkatkan hasil belajar Siswa Dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 KOTA BENGKULU. https://repostory.iainbengkulu.ac.id

Dewi, A. Yuliana,2019 hal 11. http://repositori.unsil.ac.id/618/4/BAB%20II.pdf

Anas, Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia ... 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. https://www.google.com/search?client=firefox-be&q=ptk+menurut+salahudin+2015

Sudirman (2018:75) Pengertian Motivasi belajar

https://www.google.com/search?q=motivasi+menurut+sudirman+2018&client=firefox-b-e&sca_esv=559020407&sxsrf=AB5stBjXhBQ6koDC1yDLCCyquwh40F2

Sariani (2021) Model Pembelajaran Discovery Learning – Zenius untuk Guru

https://www.zenius.net/blog/discovery-learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.