PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR S SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MI ZAINUL IHSAN KELAS III PONDOK DALEM SEMBORO TAHUN 2023-2024

Mabur Fauzi, Abdullah Abdullah

Abstract


Penerapan model pembelajaran yang tepat memiliki signifikansi dan relevansi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada materi tradisi Masyarakat Arab Pra Islam di MI Zainul Ihsan Pondok Dalem. Dari sekian banyak model pembelajaran tersebut, yang digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III dalam belajar SKI ialah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah benar penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III dalam belajar SKI pada materi tradisi masyarakat Arab pra Islam di MI Zainul Ihsan PondokDalem. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III pada MI Zainul Ihsan PondokDalem sebanyak 19 orang. Sedangkan sebagai objek dari penelitian ini ialah Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian membuktikan pada siklus I dan II, yakni 2,91 dan 3,17 yang berarti terdapat peningkatan motivasi rata-rata sebesar 0,26. Untuk hasil belajar peserta didik siklus I dan II, yakni 38,70% dan 83,87% yang berarti terdapat peningkatan rata-rata sebesar 45,17%. Kesimpulannya model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Anies. 2003. Problem-Based Learning. http://www.suara merdeka.com/harian/ 0304/28/kha2.html.(28 April 2003).

Asmawi Zainul. 2001. AlternatIIIe Assesment Applied Approach Mengajar di Perguruan Tinggi. Buku 2.09, Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Ennis, R. H. 1985. Goals for a Critical Thinking Curriculum. Costa, A. L. (ed). 1988. Developing Minds: A Resource Book For Teaching Thinking. Virginia: ASCD

Bogdan dan Bikien 1998 dalam Oktavianti (2013:48)

Sugiyono , 2008

Finkle & Torp. 1995. http://www.cotf.edu/ete/teacherout.html

Hamzah, Upu. 2022. Makalah Workshop Metode-Metode Pembelajaran Problem Based-Learning. Bandung: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.

Hassoubah, Z. I. 2007. Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis: Disertai Ilustrasi dan Latihan. Terjemahan Bambang Suryadi. Developing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.