PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 KUALA PEMBUANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah penggunaan media audiovisual pada materi Salat Wajib dapat meningkatkan nilai belajar siswa di Kelas VII SMPN 3 Kuala Pembuang yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Kuala Pembuang Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus nilai rata-rata, ketuntasan belajar (persentase) dan data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sholat wajib di SMPN 3 Kuala Pembuang. Terlihat perubahan persentase dan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah tes. Pada periode Pra Siklus rata-rata yang dicapai hanya 61% dengan tingkat ketuntasan 11 siswa dari 18 siswa. Pada Siklus I, nilai capaian siswa meningkat sebesar 72% pada tingkat ketuntasan, dengan sebanyak 13 dari 18 siswa memperoleh nilai di atas KKM 65. Setelah Siklus II, rata-rata terus meningkat hingga persentasenya mencapai 95%.dan tingkat ketuntasansiswanaikdari 17orangmenjadi 18 siswa yang tuntasKata Kunci: hasil belajar, salat wajib, audio visual
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Abdul Majid. 2019. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung, Remaja Rosdakarya.
https://kbbi.web.id/ajar. akses 20/08/2023. jam 23.15 WIB
https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5849804/10-cara-mengajar-yang-menyenangkan-dan-tak-bikin-bosan. Akses 20/08/2023. Jam 24.14 WIB
Ismaiyah, Nurul. 2021. Peran Guru Dalam Pembelajaran Praktik Shalat Melalui Pembiasaan Perilaku di PAUD. Madura. IAIN Madura
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Bandung, Remaja Rosdakarya
Narbuko, Cholid & Achmadi, Abu. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurlinda. 2019. Artikel Penerapan PBL Dapat Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Pelajaran Ekonomi. Medan. Unimed.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Meriyati. 2015. Memahami Karakterisitik Anak Didik. Lampung. IAIN Raden Intan
Refbacks
- There are currently no refbacks.