UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA RASUL DENGAN METODE CARD SORT DI SD NEGERI SEKOMBULAN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menyajikan unsusr-unsur penelitian meliputi masalah, tujuan proses penelitian, hasil dan pembahasan hingga kesimpulan dan rekomnedasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Iman Kepada Rasul dengan metode Card Sort, kelebihan dan kekurangan dari penggunaan metode Card Sort dan mendekripsikan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Card Sort berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Proses penerapan dan penelitian model PTK melalui 3 tahapan diantaranya prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri atas perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini patut menjadi bahan pertimbangan untuk meningkat kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam khusunya Iman Kepada Rasul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanan pembelajaran Iman Kepada Rasul di kelas 4 SD Negeri Sekombulan dengan metode Card Sort atau penyortiran kartu dilaksanakandalam beberapa tahap yaitu, tahap persiapan atau perencanaan (RPP atau yang telah dikonsep ), pelaksanaan (melakukan langkah-langkah metode Card Sort lengkap ) dan mngevaluasi (melalui tugas dan tes harian). (2) Kelebihan dan kekurangan metode Card Sort. Kelebihan dari metode Card Sort yaitu membuat peserta didik aktif dalam belajar, metode ini membuat peserrta didik dalam belajar membiasakan untuk bekerja sama, merangsang kemampuan berfikir peserta didik. Sedangkan kekurangan dari metode Card Sort dintaranya kelas sulit dikelola, memerlukan waktu banyak dalam penerapanya, suasana kelas gaduh. (3). Hasil yang dicapai berdasarkan ranah kognitif yaitu kemampuan memahami materi, dilihat dari kemampuan menghafal yang meningkat, niai tugas yang meningkat. Hasil berdasarkan ranah afektif yaitu siswa lebih semangat, senang dan antusias belajar dengan metode Card Sort, peserta didik kedisplinan,melakukan sesuatu sesuai kemampuan dan lain-lain. Berdasarkan ranah psikomotorik yaitu peserta didik dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari dengan benar atau tepat.
Full Text:
PDFReferences
Akhmadi, Abu, Metodologi Mengajar, Malang: IKIP Malang, 2016.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1994.
Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi, Jakarta : Bina Aksara, 1989.
Darsono, M., et.al., Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press: 2000.
Depdiknas, Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2015.
Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Hadi, Sutrisno, Statistik 2, Yogyakarta : Andi Offset, 2012.
Hasan, Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bandung: Ghalia Indonesia, 2012.
Ibrahim, Muslimin, et.al., Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: UNESA University Press, 2016.
Ismail, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar, 2018.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Parsons, Les, Bullied Teacher Bullied Student : Guru dan Siswa Yang Terintimisasi, Bandung: Rineka Cipta, 2007.
Permenag No. 02 Tahun 2008, Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Madrasah, Jakarta: 2008.
Santoso, Urip, Metode Pembelajaran Dalam SCL (Student Centered Learning), Jurnal, http://www.cintyasantosa.cz.cc/.
Santyasa, I Wayan, Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Disajikan dalam Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida Klungkung, pada tanggal 30 Nopember s.d 1 Desember 2017 di Nusa Penida.
Sholeh, Munawar, Cita-Cita Realita Pendidikan (Pemikiran dan Aksi Pendidikan di Indonesia, Depok: Institute for Public Education, 2007.
Simanjutak, Pengajaran Berhasil, Jakarta : Rineka Cipta, 1975.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sudjana, Nana dan A. Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2014.
, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2014.
Refbacks
- There are currently no refbacks.