UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA MATERI Q.S. AL-HUJURAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN NANGA BULIK-3
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pembelajaran Siswa di kelas IV SD Negeri Nanga Bulik 3 semester I tahun pelajaran 2023/2024 pada topik membaca QS. Al-Hujurat tidak seperti yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes yang lebih rendah dari nilai kriteria ketuntasan minimal/KKM yang ditetapkan (75), yaitu dari 12 siswa, hanya 8 siswa yang tuntas atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), sedangkan 4 siswa mendapat nilai KKM lebih rendah, dan setelah meghitung rata-rata 12 siswa, mereka mendapat nilai rata-rata 74. Pertanyaannya adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada topik bacaan QS. Al-Hujurat siswa kelas IV semester I SD Negeri Nanga Bulik 3 tahun Ajaran 2023/2024. Proses penerapan dan penelitian model PTK melalui 3 tahapan diantaranya prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada materi pokok membaca QS. Al-Hujurat siswa kelas IV semester I SD Negeri Nanga Bulik 3 tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan nilai rata-rata pengulangan harian. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata nilai ujian pra siklus sebesar 74 dengan tingkat ketuntasan akademik sebesar 68%, sedangkan nilai rata-rata hasil tes siklus I 79 dengan tingkat ketuntasan akademik sebesar 73%, dan nilai rata-rata hasil tes siklus II 84 dengan tingkat ketuntasan belajarnya 90%.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012. Arif in, Zainal, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta Pusat, 2019.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Ci pta, 1992.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Departemen Agama Republik Indonesia , Al-Qur'an dan terjemahannya, Bandung: CV Diponegoro, 2000.
Hakim, Thursan, Belajar secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2005. http://www.ilma95.net/tajwid.htm di akses tgl. 1 oktober 2023.
Kholi q, Abdul, Modul Penerapan dan Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Materi Diklat Guru SD Aspek Fiqih (Model “Cooperative Learning”). Jakarta: Departemen Agama RI Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan PUSDIKLAT Tenaga Teknis Keagamaan, 2019.
Lutfi, Ahmad, Pembelajaran Al-Quran & Hadits, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2019.
Mahmud An-najr, Muhammad, Hidayatul Mustafid, Semarang: Pustaka Alawiyah.
Maman Rahman, Penelitian Tindakan Kelas (Dalam Bagan), Semarang: UNNES PRESS, 2018.
Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta: L P3ES, 1989.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Sa’d Riyadh, Agar anak mencintai dan hafal Al-Qur’an bagaimana mendidiknya, Kairo: Muassasah Iqro’, 2017, Penerjemah Ahmad hotib LC., Bandung: I rsyad baitussalam , 2017.
Soenarto, Ahmad, Terjemah Hidayatul Must afid, Semarang: Pustaka Al-Alawiyyah, 1991.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2019.
Syams Madyan, Ahmad, Peta Pembelajaran Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
W.Al-Hafidz, Ahsin, Kamus Ilmu Al-Qur’an, Jakarta: Amzah, 2018.
Wi riaat madj a, Rochi ati, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.