PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI SIKAP PERCAYA DIRI DI SDN ULIN KECAMATAN SIMPUR

Nekmah Nekmah

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Sikap Percaya Diri  kelas III SD Negeri Ulin Kecamatan Simpur. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model discovery dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran  PAI  materi Sikap Percaya Diri di SD Negeri Ulin Kecamatan Simpur. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Ulin Kecamatan Simpur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Ulin Kecamatan Simpur pada mata pelajaran PAI materi Sikap Percaya Diri dari tindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I diketahui 5 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus II diketahui 9 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Ulin Kecamatan Simpur dalam mata pelajaran PAI materi Sikap Percaya Diri.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Cahyo, Agus N .2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogjakarta: DIII a Press

Paizaluddin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendididkan. Jakarta: kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.