PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN HURUF HIJAIYAH SISWA KELAS 1 DI SDN PANOPA

Feni Farida, Setria Utama Rizal

Abstract


Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Kualitas pembelajaran untuk peserta didik Kelas I SDN Panopa. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mengukur kemampuan   peserta didik dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah   sebelum   menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah. (2) Mengukur kemampuan peserta didik dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah setelah menggunakan kartu huruf hijaiyah. (3) Upaya meningkatkan kemampuan melafalkan huruf hijaiyah melalui permainanan kartu huruf hijaiyah pada kelas 1 di SDN PANOPA semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 untuk materi huruf hijaiyah. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Aktivitas peserta didik digali dengan kartu Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Kartu Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Media Flash Card dan Video Pembelajaran yang diintegrasikan dalam LKPD memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,85%), siklus II (86%). (2) Media Flash Card dan Video Pembelajaran yang diintegrasikan dalam LKPD dapat menjadikan peserta didik merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan, sehingga menambah antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. (3) Pemanfaatan Flash Card dan Video Pembelajaran yang diintegrasikan dalam LKPD mempunyai pengaruh positif berupa peningkatan minat belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

H.Darmadi. Membaca Yuk”strategi menumbuhkanminat baca pada anak usia dini, n.d.

Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara, 2003.

Hj.Ma’rifah. Permainan kartu huruf hijaiyah dalam upaya meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyah di kelompok A TK Dharma, n.d.

Jakni. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2017.

Kartini. peningkatan kemampuan anak mengenal huruf melalui metode bermain kartu kata. Bandung: Remaja, 2011.

Khadijah. konsep dasar pendidikan prasekolah. Bandung: citapustaka media perintis, 2012.

Latifah, U. Pengembangan Ketrampilan Bahasa Anak Usia Pra Sekolah. jakarta: Depdiknas. Anonim, 2012.

Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: PT Remaja Rosda. Karya, 2007.

Mutiara. “Pendekatan Kualitatif.” www.sarjanaku.com, 2011.

Nazir, Muhammad. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986. Nurbiana dhieni, Dkk. Metode pengembanagan Bahasa. Jakarta: Un1ersitas Terbuka, 2007.

Sari, E. R. & O. K. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 82


Refbacks

  • There are currently no refbacks.