IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS IV SDN 8 BUKIT TUNGGAL PALANGKA RAYA

Atik Rahayu, Saudah Saudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi beragama siswa kelas IV di SDN 8 Bukit Tunggal Palangka Raya melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Poster/Majalah Dinding Kelas sebagai Wujud Moderasi Beragama. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan mengumpulkan data kuantitatif melalui angket sebelum dan setelah intervensi serta data kualitatif melalui observasi partisipatif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran ini berhasil meningkatkan nilai toleransi beragama siswa. Siklus 1 telah menunjukkan perubahan sikap positif siswa terhadap toleransi beragama, dan pada siklus 2, perubahan ini semakin berhasil dan konsisten. Metode poster/majalah dinding kelas menjadi media efektif dalam menyampaikan pesan-pesan tentang pentingnya toleransi beragama. Pelaksanaan model pembelajaran ini sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan dari orang tua dan pengembangan bahan ajar yang lebih kreatif dan relevan tentang toleransi beragama

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zuhairi Misrawi, Penelitian Tindakan Kelas (implementasi dalam pembelajaran) Jakarta: Kompas, 2016

Said. Nur. Nalar Plularisme John Hick dalam Keberagaman Global

STAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia Email: nursaid@ymail.com

Saudah. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Tahap Dasar Di Ra Al-Muslimun Palangka Raya. Jurnal Tunas Siliwangi. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2079/1123

Wulandari. Rita Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang 65145 Email: ritawulandari2514@gmail.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.