PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI NAJIS DAN TATA CARA MENSUCIKANNYA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA KARANGTALOK
Abstract
Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan antar guru dan peserta didik baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dalam pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu guru untuk mencapai tujuan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fikih materi najis dan tata cara mensucikannya melalui strategi problem based learning (PBL) pada siswa kelas VII semester ganjil MTs Nurul Huda Karangtalok Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian perbaikan pembelajaran adalah di MTs Nurul Huda Karangtalok, Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah mata pelajaran Fikih. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes formatif. Adapun tekhnik analisis data dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui strategi problem based learning (PBL) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar fikih materi najis dan tata cara mensucikannya pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Karangtalok. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus dari 15 siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa (33,3%) dan yang belum tuntas 10 siswa (66,7%), siklus I dari 15 siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (60%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (40%). Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa (93,3%) dan yang belum tuntas sebanyak 1 siswa (6,7%). Jadi, setelah diadakan Siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 33,3%.
Full Text:
PDFReferences
Anita Desy Ratnasari, Wahyudi, & Intan Permana. (2022). Journal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3, September 2022
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shabri, H. A, (2005), Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching
Silberman, (2002). ActiveLearning:101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Sudarman, (2005). Pengertian Inquiry Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudjana, N, (2005), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.