PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS IV MIN 1 PULANG PISAU

Ahmad Ridani

Abstract


Quizizz Paper Mode merupakan platform media pembelajaran berbasis kuis interaktif dengan mengggunakan kertas yang berisikan Q Cards. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fikih materi khitan melalui media pembelajaran quizziz paper mode pada siswa kelas IV semester ganjil MIN Pulang Pisau. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Pulang Pisau, Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah mata pelajaran Fikih. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes formatif. Adapun tekhnik analisis data dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui media quizziz paper mode memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar fikih materik hitan pada siswa kelas IV MIN 1 Pulang Pisau. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus dari 25 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa (48%) dan yang belum tuntas 13 siswa (52%), siklus I dari 25 siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (76%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (24%). Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (100%) dan yang belum tuntas sebanyak 0 siswa (0%). Jadi, setelah diadakan Siklus II hasil belajar siswa meningkat sebesar 24%.

Full Text:

PDF

References


Mansir, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah: Pembelajaran Fiqih. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 167–179. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.538

Masykur, M. R. (n.d.). Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019.

Nim, R. K. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Komponen Penyusun Ekosistem Melalui Metode Inkuiri Bagi Siswa Tunanetra Kelas X SLB Negeri Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Ramatika, Z. W. P., Rulviana, V., & No, J. S. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang Melalui Penggunaan Media Quizizzz Paper Mode Di Kelas V Sdn Kartoharjo 02. 08.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (n.d.). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.