PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI DENGAN MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL DI MI AL-HIDAYAH KASIMAN TUBAN JAWA TIMUR

Alimin Alimin, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar kepada siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan melalui penggunaan media audio visual, yaitu berupa video. Lokasi penelitian berada di MI ALhidayah kasiman Tuban Jawa Timur

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif, serta penelitian ini bersifat deskriptif dan naturalistik.

Berdasarkan hasil penelitian ini secara keseluruhan mengalami peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual. Peningkatan ini diukur dari hasil observasi minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual, pada siklus I pertemuan pertama observasi kegiatan pembelajaran yaitu 78,26% dan meningkat pada pertemuan kedua yaitu 82,60%. Sedangkan observasi aktivitas siswa dalam KBM SKI menggunakan audio visual siklus I pertemuan pertama yaitu 85,00% dan meningkat pada pertemuan kedua yaitu 90,00%. Pada siklus II pertemuan pertama observasi kegiatan pembelajaran SKI dengan menggunakan media audio visual yaitu 86,95% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 91,30%. Sedangkan observasi aktivitas siswa dalam KBM SKI menggunakan media audio visual siklus II pertemuan pertama yaitu 92,50% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 95,00%. Jadi disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI melalui penggunaan media audio visual yang dilihat dari hasil observasi minat belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Agus, Sujanto. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Ahmad, Mudzakir. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Arief S. Sadiman, dkk. 2006. Media pendidikan: pengertian, pengebangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara Dahlan, Saronji. 2008. Seribu Pena Pendidikan Kewarganegaraan untuk Smp/Mts kelas IX. Jakarta: Erlangga

Buchori. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia

Djamarah, syaiful bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah. 2011. Faktor Penentu Obyektivitas dan Kerativitas. Majalah Ilmiah. Edisi Maret-April 2011. Sekertariat LPPM UNINDRA

Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: safaria insania Press Ibnu, Hajar. 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafinfo Persada

Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Murodi. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah kelas VII.Semarang: Toha Putra

Rinanto, Andre.1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset

Sardiman, A.M., 2005. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta:RajaGrafindo Persada Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Suleiman, Amir Hamzah. 1985. Media Audio-visual untuk Pengajaran,Penerangan, dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia

Syah, Muhibbin.2 003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:Remaja Rosdakarya Winkel.WS. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Winkel.WS. 1984. Psikologi pendidikan dan evalusi belajar. Jakarta: Gramedia Witherington.H.C. ab.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.