UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIKIH MATERI SHALAT SUNAH RAWATIB MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW KELAS III MI NURUL HUDA KEMBANG TAHUN 2023/2024

Ismiyati Ismiyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan minat belajar pada pelajaran Fiqih materi Shalat Sunah Rawatib dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw. (2) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat belajar dengan diterapkannya metode Jigsaw  (3) untuk menggambarkan hasil pembelajaran fiqih dengan metode Jigsaw. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas (PTK).PTK dilaksanakan upaya mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas.Metode ini dilakukan dengan empat tahap,yaitu perencanaan,tindakan,pengamatan dan refleksi.Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada pencarian informasi dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw. Hasil penelitian ini  menunjukkan minat belajar fikih materi Shalat Sunah Rawatib  dengan menggunakan metode Jigsaw ini mengalami peningkatan.Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan.Perincian nilai rata-rata  Siklus I, dari 22 peserta didik yang tuntas sebanyak 16 siswa (73%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 siswa (27%). Sedangkan pada Siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (91%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (9%). Dengan demikian, pada Siklus II hasil belajar dikatakan tuntas.Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih materi Shalat Sunah Rawatib dengan menggunakan metode Jigsaw dirasa sudah maksimal karena pencapaian nilai di atas KKM sudah melebihi target yang cukup tinggi yaitu 91 %

Full Text:

PDF

References


Hamzah B.Uno,Nina Lamatenggo,Satria, Menjadi Peneliti PTK yang Profesional (PT.Bumi Aksara.2011),Hal 90.

Ditjen Bimas islam dan penyelenggaraan Haji

Bogdan, R., & Biklen, S. 1982. Qualitative research in education, Allyn & Bacon, Boston

Dakir, 1993. Dasar-Dasar Psikologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Djalali, M. As'ad. 2001. Psikologi _Motivasi Minat Jabatan, Intelegensi, Bakat dan Motivasi Kerja, Wineka Media, Malang

Suharsimi, Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Fathurrohaman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2010, Srategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama

Kemenag, 2010, Fikih Kelas III


Refbacks

  • There are currently no refbacks.