MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESAN POKOK QS. AL-HUJURAT 13 MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS IV UPT SDN 07 SIMPANG

Neti Andriani

Abstract


Penerapan metode tutor sebaya dilakukan dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai tutor bagi teman sebayanya. Siswa tutor bertanggung jawab untuk membantu dan memfasilitasi diskusi kelompok mengenai pesan pokok QS.Al-Hujurat ayat 13. Penelitian ini bertujuan untuk mendorong siswa aktif berpartisipasi dalam proses belajar-mengajar sehingga pemahaman mereka dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman pesan pokok QS. Al-Hujurat ayat 13 setelah penerapan metode tutor sebaya pada kelas IV SDN 07 Simpang. Siswa menunjukkan peningkatan kemampuan dalam merumuskan dan menyampaikan pesan pokok ayat tersebut secara lebih jelas dan komprehensif. Selain itu, interaksi yang positif antara siswa tutor dan siswa yang dibimbingnya juga terlihat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pembelajaran agama di sekolah dasar dengan menggali potensi metode tutor sebaya sebagai salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan pemahaman pesan Al-Qur’an pada siswa kelas IV. Dimasa depan, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi pengembanagan strategi pembelajaran agama yang lebih inovatif dan berdaya guna dalam menghadapi tantangan dalam pembelajaran di kelas

Full Text:

PDF

References


Arfiyanti, Nindi. Studi Analisis Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125. Diss. Unisnu Jepara, 2018

Fauzan, Ahmad dan Jamaluddin. 2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog

Fauzan, Ahmad dan Jamaluddin. 2021. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Nurhasanah L., Gumiandari S. Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa (Jurnal Pendidikan:2021)

Susanti, Emilia, Dicki Hartanto Emilia Susanti, and Dicki Hartanto. "Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Islam." POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1.1 (2015): 151-174

Wardani, I. G. A. K. Wihardit, K, dan Nasution, N. 2013. Penulisan Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka

Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2018 Sagala, Syaiful (2020). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta. Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140?Journal

Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman:155—158. ?Journal

Sarjiyati. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal Ideguru. Vol.2(2) 13-25 ?Journal

Insani Madani Istarani, 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: MediaPersada ?Book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.