UPAYA MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA DI TK AR RAHMANIYAH KECAMATAN DAHA SELATAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam mengembangkan bahasa anak dengan metode bercerita di TK Ar Rahmaniyah Kecamatan Daha Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Ar Rahmaniyah Kecamatan Daha Selatan, dengan subjek sebanyak enam orang peserta didik. Data yang diperoleh adalah hasil observasi dari kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis penelitian yaitu dari hasil prasiklus yaitu sebesar 33,33%,dari siklus 1 sebesar 66,5% dan dari siklus II sebesar 83,33%. Dari hasil persentasi pada prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengembangan bahasa anak dengan metode bercerita di TK Ar Rahmaniyah Kecamatan Daha Selatan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.