PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUJUD DALAM SHALAT KELAS VII SMPN-1 DUSUN HILIR

Titin Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untik meningkatkan kemampuan peserta didik dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen sehingga mereka bisa saling bekerja sama dan ketergantungan secara positif untuk bertanggung jawab secara mandiri,saling mendengarkan pendapat diantaa anggota kelompok ,belajar dari teman yang berbeda kelompok,belajar dalam kelompok kecil,produktif dalam berbicara atau saling mengemukakan pendapat.Pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti disekolah meliputi empat aspek yaitu ketrampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara,membaca dan menulis berdasarkan pengalaman dilapangan diketahui bahwa masih rendahnya kerjasama,bertanggung jawab, berbicara dalam mengemukakan pendapat,hal ini terdeteksi pada saat siswa diminta guru untuk menjelaskan dan menyampaikan pendapatnnya secara runtun,baik dan benar,maka tujuan penelitian ini adalah a ) ingin mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik. B ) ingin mengetahui ketampilan berbicara atau mengemukakan pendapat secara runtun , baik dan benar. c) ingin mengetahui prestasi siswaHasil penelitian ini menunjukkan bahw penerapan melalui metode kooperatif jigsaw dalam pembelajaran agama islam mampu meningkatkan kemampuan peserta didik.didalam metode ini setiap siklus mengalami peningkatan hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar peserta didik.penelitian tindakan kelas jelas menunjukkan target keberhasilan yang telah tercapai

Full Text:

PDF

References


Jasiah. 2019. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal di IAIN Palangka Raya, : Palangka Raya ?Journal

Rudi Ahmad Suryadi dan Sumiyati. 2020. PAI dan Budi Pekerti Kelas 7.Kemdikbud ?Book

Menurut asril model adalah suatu cara atau teknik-teknik tertentu yang dianggap baik (efisien dan efektif) untuk mencapai tujuan pembelajaran (Asril ; 2021).

Jasiah 2021 model pembelajaran yang sistematis untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan.

Poerwodarminto (2018), prestasi belajar adalah hasil yang dicapai (dilakukan, dekerjakan)

subyantoro 2019 penelitian tindakan kelas .semarang

zaini,hisyam dkk 2017 strategi pembelajaran aktif

Sudrajat dkk. (2016) pengantar ilmu pendidikan dan pemamfaatannya

Julianto dkk. (2015)bacaan pilihan dalam metode penelitian tindakan kelas. Depdikbud

Wulandari, 2022 upaya peningkatan kebugaran jasmani dengan metode jigsaw universitas muhamadiya Surakarta : jurnal porkes


Refbacks

  • There are currently no refbacks.