PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI “TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA” DI KELAS IV SDN 01 NUSA RAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar PAI dengan materi teladan mulia Asmaulhusna pada siswa Kelas IV SDN 01 Nusa Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bermanfaat bagi setiap pendidik dalam mencari, menemukan, dan mendayagunakan media pembelajaran yang ada sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam memahami materi teladan mulia Asmaul Husna 65% penilaian menunjukkan kriteria baik. Terjadi peningkatan penilaian pada siklus II, dengan perolehan nilai baik menjadi 87%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata siklus I sebesar 78 dengan ketuntasan klasikal 65%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan klasikal 87%.
Full Text:
PDFReferences
Aan Abida Wasilah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa MIN 2 Kota Palangka Raya. 3(1). 594-604
Arikunto, Suharsimi. (2016). Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta.
Kunandar. (2019). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kusuma, Dedi, Wijaya,. (2019). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT.Indeks.
Munadi, Yudhi. (2018). Media Pembelajaran,suatu pendekatan baru. Ciputa: Gaung Persada Press.
Rizki, L., Jasiah, Setria, U. R., & Nur, I. S. (2023). Pengembangan Media Berbasis Video Pada Pembelajaran Ipas Materi Permasalahan Lingkungan Di Kelas V SD. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 34-43
Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: Rajawali Pers.
Sadirman, Arief S. (2017). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan,. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. (2020). Jakarta: Kencana Peranada Media Group.
Sarwendah. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Asmaul Husna Kelas IV SDN Lalap. Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Merealisasikan guru Profesional di Era Sosiety 5.0, 2, 598-606
Sholahudin, Mahfuz. (2016). Media Pendidikan Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir Muyassar. (2017). jilid 4. jakarta: Qisthi Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.