PENERAPAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII SMP NEGERI 1 DUSUN UTARA

Ermilawiyana Ermilawiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tentang mata Pelajaran PAI dalam penerapan metode diskusi dan tanya jawab. Penelitian ini fokus pada metode Diskusi dan Tanya Jawab sebagai salah satu elemen alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam rangka meningkatkan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian Tindakan kelas penelitian ini akan difokuskan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dusun Utara yang berjumlah dari 38 siswa. Penelitian dilakukan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang waktu pembelajarannya selama 2 Jam pelajaran dalam 1 Minggu. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan menerapkan metode yang telah direncanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan Peneliti ternyata penerapan metode Diskusi dan Tanya Jawab ini bisa dikatakan mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Dusun Utara kabupaten Barito Selatan. Siswa mengalami peningkatan pada prestasi dari siklus I sampai siklus V yaitu masing-masing memiliki peningkatan pada hasil penilaian belajar siswa baik dari hasil tugas maupun dari hasil diskusi dan tanya jawab. Hal ini berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa yang di tunjukkan dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan jelas menunjukkan target keberhasilan telah tercapai

Full Text:

PDF

References


Surawan,2019.Pernikahan Dini; Di tinjau dari Aspek Psikologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam.Vol.2 No.1.

Ahmad,Abu.1986, Metode Khusus Pendidikan Agama Islam. Jakarta:PT. Bima aksara.

Muhibbin, 1999.Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru: PT.RemajaRosdakarya.

Anselm,Strauss & Juliet corbin. Dasar-dasar Penelitia Kuantitatif ( Prosedur Teknik dan Teori Graunded ). Penyadur Djunaidi Ghony. PT Bina Ilmu, Malang:1997

Dimyati. Dr, Belajar dan Pembelajaran, PT Rineka Cipta, Jakarta: 1994.

Zuhairini. Dra. H, Metodihk Khusus Pendidikan Agama ,Biro Ilimiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel,Malang : 1983.

Muhibin Syah, Psikologi PendidikanPT Remaja Rosdakarya , Bandung: 2003

Raymond J. Wlodkowski, Motivasi belajar, Cerdas Pustaka.Jakarta: April 2004.

Pupuh Faturrohman & M.Sobry Sutikno.2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika Aditama.

Shaleh, Abdul Racman.2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta Pusat: Gemawindu Pancaperkasa.

Sugiono.2006. Metode kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharjono.2007. Pendidikan Tindakan Kelas. Bandung:

Rosdakarya. Sukidin,dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.