MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SURAH AL-HUJURAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JELAPAT
Abstract
Tugas seorang guru adalah untuk membuat dan menciptakan materi yang disampaikan semenarik mungkin sehingga siswa memiliki minat yang tinggi untuk belajar. proses pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri jelapat ini masih cenderung menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Peserta didik cenderung melakukan hal-hal lain selama proses pembelajaran berlangsung. Mereka tidak fokus dalam menerima materi karena hanya mendengarkan suara guru saja. Mereka mudah bosan. Bahkan ada beberapa peserta didik yang terlihat lesu, tidak bersemangat apalagi jika pembelajaran dilakukan di jam siang. Permasalahan pembelajaran tentang semakin menurunnya minat belajar dari peserta didik akan coba diatasi dengan menggunakan media video pembelajaran. Melalui video pembelajaran diharapkan mampu menarik perhatian dan konsentrasi peserta didik kepada materi sehingga pesan atau informasi cepat tersampaikan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR) dengan menggunakan model PTK Model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Jelapat melalui dua siklus. Siklus I kategori hasil belajar rendah terdapat 7 siswa ( 54 % ), kategori sedang ada 3 siswa (23 % ), dan kategori tinggi terdapat 2 orang (13,04 % ). Pada siklus II mendeskripsikan bahwa siswa yang belajarnya kategori sedang 9 orang ( 6.93 %), Kategori tinggi sebanyak 2 siswa (1.54 % ), Kategori sangat tinngi terdapat 3 orang ( 2.31 % )
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati. 2020. “Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. IQ”. (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Alpian, Viny Sarah, and Ika Yatri. 2022. "Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4).
Andriani, R., & Rasto, R. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.
Chaer, A. 2014. Perkenalan Awal dengan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2022. Metode baca Al-Quran Al- Banjari. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Islam.
Ervina, Vivi. 2014. Hubungan Minat dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Bacaan Pemahaman Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta, skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jaya, T., & Suharso, S. 2018. Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30-35. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i3.19535.
Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. ”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3 (2).
Mantofani, Soebono. 2020. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Lingkungan Pendidikan. Jombang: Yayasan Soebono Mantofani.
Nuryanti, Lilis, Siti Zubaidah dan Markus Diantoro. 2018. "Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP", Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3 (2).
Sarjiyati. 2017. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual”. Jurnal Ideguru. Vol.2(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.