PENGGUNAAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SDN 01 BUAY RAWAN

Maria Maria

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan Media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 01 Buay Rawan Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan media Power Point yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SD Negeri 01 Buay Rawan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Apakah efektif penggunaan Media Power Point Terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV di SD Negeri 01 Buay Rawan? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang merupakan jenis penelitian kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Buay Rawan. Metode pengumpulan data dari penelitian ini antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78 dan mastery learning 85% .Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran Power Point dapat meningkatkan hasil belajaran peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 01 Buay Rawan Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebagai berikut. Setelah menerapkan pembelajaran menggunakan media Power Point dapat diketahui peningkatan dalam hasil belajar peserta didik siklus I yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 60% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 40%. Selanjutnya di siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan yakni nilai tuntas sebanyak 87% dan peserta didik yang belum tuntas sebanyak 13%. Maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, “terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran menggunakan media PowerPoint pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV 01 Buay rawan”.

Full Text:

PDF

References


Jasiah, J.(2017) Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 65–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/akh.v5i1.446

Jasiah 2021 Model adalah suatu pola yang digunakan guru dalam proses pembelajaran menggunakan langkah langkah yang sistematis untuk membantu tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan (Jasiah 2021)

Jasiah, 2009 bahwa: “Pendidik merupakan usaha orang dewasa secara sadar, sengaja,dan teratur serta berencana dalam membimbing anak yang belum dewasa guna untuk mencapai kedewasaan jasmani dan rohani.

Ghozaly,2016.Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Jakarta Bukupaket.com

Nurhidayati, Imam, A., Ahsanuddin, M., & Wahib Dariyadi, M. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184. http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/10508

Ariska. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Audio

Visual Terintegrasi Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 3(1), 77–88.

Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140?Journal

Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Sarjiyati. 2017. Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa SD melalui Metode Diskusi dengan Bantuan Media Audio Visual. Jurnal Ideguru. Vol.2(2) 13-25 ?Journal

Ervina , vivi. 2014 . Hubungan Minat dan Penguasaan kosakata dengan kemampuan Bacaan pemahaman, siswa kelas x negeri di kota yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada Tanggal 02 januari 2016.

Insani Madani Istarani, 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada ?Book

Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140?Journal

Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman:155—158. ?Journal

Chaer, A.2014. Perkenalan Awal dengan Al-qur’an . Jakarta : Rineka Cipta. ?Book

Rasjid, Sulaiman, 2018. Fiqh Islam,Bandung: Sinar Baru Algensindo. ?Book

Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman:155—158. ?Journal

Chaer, A.2014. Perkenalan Awal dengan Al-qur’an . Jakarta : Rineka Cipta. ?Book

Ahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140?Journal

Lilis Nuryanti, Siti Zubaidah, Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 2 Bulan Februari Tahun 2018 Halaman:155—158. ?Journal

Chaer, A.2014. Perkenalan Awal dengan Al-qur’an . Jakarta : Rineka Cipta. ?Book


Refbacks

  • There are currently no refbacks.