PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG ZAKAT KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 03 TRANS BANGSA NEGARA

Fitriyani Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 03 Trans Bangsa Negara tahun pelajaran 2023/2024 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama membahas materi pokok zakat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 03 Trans Bangsa Negara tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 16 peserta didik. Tekhnik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara tekhnik pendukung dengan menggunakan wawancara dan demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 03 Trans Bangsa Negara mulai dari siklus 1 dan siklus II, yaitu 56,25% pada tahap siklus 1 meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar materi zakat kelas V SDN 03 Trans Bangsa Negara

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad,Media Pembelajaran,2003, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996.Jakarta : Dirjen

Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta,

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, 2005.Bandung : Remaja Rosdakarya,

Rohani Ahmad, Drs., Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, 1995,Jakarta :

Rineka Cipta

Soekamto dan Winataputra, Teori Belajar dan Metode Metode Pembelajaran 1997. Jakarta direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan ,

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung : Remaja Rosdakarya,

Winkel,W.S. Psikologi Pengajaran, 1991, Jakarta : Grasindo,

Muslimin Ibrahim, dkk., Pembelajaran Kooperatif, 2000, Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.