PENGGUNAAN METODE STORYTELLING DENGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KALIMAT THAYYIBAH BASMALAH DAN HAMDALAH PADA SISWA KELAS I MI SANANUL ULA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book dalam pembelajaran Storytelling terhadap peningkatan pemahaman materi kalimat tayibah basmalah dan hamdalah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas 1C MI Sananul Ula Daraman Srimartani Piyungan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I MI. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes pemahaman materi kalimat basmalah dan hamdalah, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis dapat dilihat dari siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, dan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan metode Storytelling dengan media big book dapat meningkatkan pemahaman materi kalimat basmalah dan hamdalah pada siswa kelas I MI Sananul Ula Daraman Srimartani Piyungan Bantul
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfandiyar, A.Y. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.
Bunanta, Murti. 2009. Buku Dongeng dan Minat Baca. Jakarta: Murti Bunanta Foundation.
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurbiana, Dhieni, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurcahyani, D. 2010. Pengarah Kegiatan Storytelling Terhadap Pertumbuhan Minat Baca Siswa di TK Bangun 1 Getas Kec. Pabelan. Skripsi pada Universitas Diponegoro.
Oliver, Serrat. 2008. Storytelling. United States of America: Reed Elsevier.
Refbacks
- There are currently no refbacks.