PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI AKHLAK TERCELA

Zuni Latifah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together NHT dapat meningkatkan hasil belajar pada materi akhlak tercela pada siswa kelas X A MA Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasi menggunakan model Numbered Head Together NHT, pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data hasil tes belajar dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rata- rata nilai ketuntasan berdasarkan penilaian, dikatakan berhasil atau tuntas apabila di kelas memperoleh nilai di atas KKTP 74. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran secara berturut-turut sesuai perbandingan data hasil belajar dari Siklus I, dan Siklus II. Siklus I sebesar 56,66%, dan meningkat pada Siklus II sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.A MA Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bungin, Burhan H.M. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Orbyt, Yusrin. Model Pembelajaran Numbered Head Togeteher (NHT) dan Problem Based Intruction (PBI), http:// yusrin-orbyt.blogspot.com, 30 April 2016.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas; Buku Wajib Bagi Para Pendidik. Jogjakarta: Diva Press.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.