PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII MTS SYAMSUL HUDA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang kurang berkualitas, tidak efisien, dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cendrung membosankan. Bahkan pembelajaran dilakukan satu arah berpusat pada guru dengan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di Mts Syamsul Huda tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Akidah Akhlak maka digunakanlah model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan setelah mengunakan metode problem based learning hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya. Hal ini terbukti dari skor yang di peroleh mulai dari pra siklus ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Pada pra siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 66,5%, sedangkan pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 76% dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM 86,8%. Ini menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan mengunakan metode problem based learning.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Subrata, Sumadi Surya. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud). 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4,
Usman, Muhammad Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.