PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE READING GUIDE PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV (EMPAT) MI TARBIYATULISLAMIYAH KLAKAHKASIHAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode reading guide pada mata pelajaran Fikih Kelas IV (Empat) MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, dalam penelitian ini akan mencari dan mendeskripsikan tentang : 1) metode Reading Guide dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fikih MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Kec Gembong Kab Pati 2022/ 2023. 2) pelaksanaan metode Reading Guide pada mata pelajaran Fikih MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Kec Gembong Kab Pati 2022/ 2023.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan metode reading guide dalam pembelajaran Fikih dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tahun 2023/ 2024. Pada proses pembelajaran Pra Siklus, pembelajaran yang terjadi di kelas belum cukup kondusif, karena peserta didik cenderung kurang aktif dalam menerima pelajaran, sulit menemukan titik fokus terhadap mata pelajaran, malu untuk bertanya, kurang membaca dan baik kemampuan siswa yang rendah. Pada pembelajaran siklus I, dengan penerapan metode reading guide proses pembelajaran yang berlangsung sudah membaik, ini terlihat dari prosentase keaktifan peserta didik 80% dan prestasi belajar mengalami kenaikan dengan prosentase ketuntasan belajar peserta didik yang semula 70% menjadi 74% dengan rata-rata semula 70 naik menjadi 74. Pada pembelajaran siklus II, dengan penerapan metode diskusi, demonstrasi dan tanya jawab proses pembelajaran sudah terpusat pada materi pelajaran. Hal ini terlihat dari kenaikan prosentase keaktifan siswa dari siklus I, 80% menjadi 87,74% dan prosentase ketuntasan belajar pada siklus 80% menjadi 87,74%, sedangkan nilai rata-rata peserta didik siklus I, 74 menjadi 79Full Text:
PDFReferences
Abdul Mu’thi. (1998). PBM-PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar-MengajarPendidikan Agama Islam . Semarang: Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo Semarang.
Al-Munawwar, S. A. ( 2002). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press.
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB, dan TK. Bandung: Rama Widya.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arifin, Z. (1991). Evaluasi Instruksional Prinsip Tehnik Prosedur . Bandung: Remaja Rosda Karya.
Asra, S. d. (2008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima,.
Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
KMA 183 Tahun 2019. (n.d.).
Maskuri. (2005). Pemakaian Variasi Metode dan Pengaruh Terhadap Prestasi Belejar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV MI Karanganyar di Tirto Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005. Semarang: Skripsi ; Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Muchith, M. S. (2009). Classroom Action Research. Semarang: Rasail Media Group.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2. (2008).
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sahal, A. (tth). Upaya Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Aqidah Akhlak dengan Metode Jigsaw Kelas V MI Manbaul Huda Desa Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Semarang : Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo .
Ismail. (2009). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail.
Subadi. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Metode Card Sort Kelas I MI YASPI Kaponan Pakis Magelang Tahun Pelajaran 2008/2009. Semarang: Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.
Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, N. S. ( 2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparta, M. (2008). Ilmu Hadis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.